Tanaman hias indoor (Dok: MerahPutih)

Rekomendasi Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Juni | Kesehatan | 06-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Tanaman hias indoor dapat mempercantik ruangan dan membuat sirkulasi udara dalam rumah menjadi lebih baik. Memiliki tanaman yang sesuai tentu dapat menjadikan ruangan di rumah terasa lebih segar dan juga menarik.

Buat kamu yang baru mulai belajar berkebun, tak ada salahnya untuk memilih tanaman yang mudah perawatannya. Agar tidak mudah rusak, hindari meletakkan tanaman hias di tempat yang terjangkau anak kecil dan hewan peliharaan.

Yuk, simak langsung rekomendasi jenis tanaman hias indoor yang cocok untuk rumahmu!

1. Lidah Mertua

Tanaman dengan motif khas pada daunnya ini merupakan tanaman hias yang paling digemari. Selain bentuknya yang cantik, perawatannya pun cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemula. Lidah mertua dikenal dapat memperbaiki kualitas udara di ruangan.

Untuk perawatannya, cukup dengan rutin menjemurnya setiap 2 hari sekali di bawah sinar matahari langsung. Hindari menjemur terlalu lama karena daun lidah mertua mudah terbakar. Tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak air.

2. Monstera

Tanaman ini terkenal dengan nama janda bolong. Memiliki bentuk yang unik, monstera memikat hati dengan daunnya yang berwarna hijau dan dipenuhi lubang-lubang berukuran seragam di sekujur daunnya. Tidak hanya menjadi dekorasi interior yang elegan, monstera merupakan tanaman hias indoor penyerap polutan dan menggantikannya dengan udara bersih.

Tumbuhan khas daerah tropis ini tidak perlu terkena sinar matahari langsung secara rutin serta tidak perlu disiram terlalu banyak, selama kelembaban tanah terjaga.

3. Kaktus

Kaktus adalah tanaman favorit para pemula karena perawatannya super mudah. Hanya perlu disiram sekali dalam seminggu selama musim semi dan panas dan tiga kali seminggu selama musim gugur dan salju. Memilih kaktus untuk tanaman di dalam ruangan tentunya lebih disarankan untuk memelihara yang berukuran kecil namun bervariasi dibandingkan kaktus berukuran besar. Kaktus kecil yang ditanam menjadi satu kesatuan akan menciptakan terrarium yang berwarna-warni dan unik di dalam rumah.

4. Sirih Gading

Sirih gading banyak digemari karena mudah dalam perawatannya dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Tanaman yang dikenal dengan nama Devil’s ivy ini dikenal karena kemampuannya untuk hidup dan tumbuh di ruangan yang redup minim sinar matahari. Sirih gading juga tidak memerlukan banyak air.

5. Sri Rezeki

Rekomendasi selanjutnya, kamu dapat mempertimbangkan menaruh tanaman sri rezeki atau Chinese evergreen (Aglaonema) di rumah. Dengan daun lebar bercorak perak di tengahnya dan terlihat bergelombang, sri rezeki dianggap sebagai tanaman hias indoor penyerap polutan.

Dapat ditempatkan di area minim cahaya, tanaman ini hanya cukup disiram sekali seminggu, atau saat kondisinya kering agar tidak layu. Justru, jika ditempatkan di tempat yang terpapar sinar matahari, daun sri rezeki akan berubah kuning dan layu.

6. Palem Bambu

Dari segi manfaat, palem bamboo dapat mempercantik ruangan dan dapat menyaring polutan di udara seperti formalin, karbon monoksida, kloroform, dan lainnya. Sebaiknya letakkan palem bambu di dekat jendela, karena tanaman ini memerlukan cahaya matahari agar dapat tumbuh.

Itulah jenis tanaman hias indoor yang dapat menyehatkan udara. Adakah diantaranya yang sudah kamu taruh di ruangan rumahmu?

Tag : #tanaman hias    #tanaman hias indoor    #kesehatan    #dekorasi    #tanaman indoor   

Baca Juga